Skip to main content

Resensi Buku "Habiskan Saja Gajimu"


Judul Buku         : Habiskan Saja Gajimu

Pengarang           : Ahmad Ghozali
Penerbit               : Transmedia
Tahun Terbit       : 2013
Tebal   Halaman : 174 halaman


Sinopsis Buku
Buku ini membahas tentang bagaimana mengelola keuangan pribadi atau keluarga. Buku yang terlahir dari banyaknya pertanyaan tentang bagaimana cara menyisakan uang di akhir bulan. Bagaimana caranya agar bisa menabung atau berinvestasi dengan rutin dan sebagainya.

Banyak alasan yang dilontarkan untuk membenarkan ketika adanya persoalan uang seperti "kalau gaji saya lebih besar, tentunya masalah ini akan selesai" atau "kalau gaji saya sudah naik, baru deh saya bisa nabung dengan rutin. Banyak keluarga yang stress dalam mengatur keuangan mereka karena lebih sering tekor diakhir bulan ketimbang bersisa.
Buku ini mencoba untuk mengurai masalah sebenarnya dalam pengelolaan keuangan. Apa tujuan sebenarnya dalam mengelola keuangan, sudah tepatkah atau malah salah selama ini. Tujuan kita mengelola uang selama ini adalah untuk mengatur bagaimana caranya supaya uang bersisa diakhir bulan untuk di tabung atau diinvestasikan. Kenyataannya bukannya bersisa, malah kehabisan uang sebelum keperluan sempat dibayarkan.
Buku ini menerapkan konsep "Daripada kehabisan uang setiap bulan, kenapa tidak sekalian saja dihabiskan". Jika ingin tahu caranya agar bisa menyisakan uang diakhir bulan dan bisa menabung serta berinvestasi dengan rutin, baca tuntas buku ini agar mindset dalam mengelola keuangan akan berubah.

Kekurangan Buku: judul yang diberikan pada setiap bab menurut saya kurang signifikan menggambarkan apa yang sebenanrnya terangkum dalam isi bab tersebut. Seperti judul "Tapi" atau "Sama Saja Donk". Kertas cetakan kurang menarik untuk saya baca, seperti kertas novel jaman dahulu kala. Gambar ilustrasi yanh diberikan juga kurang mengena untuk bisa menggambarkan isi dari buku.

Kelebihan Buku: Dapat memberikan motivasi kepada para pembaca dan merubah mindset tentang bagaimana mengelola keuangan. Bahasanya cukup mudah dipahami dengan beberapa contoh - contoh kasus yang sesuai dengan kehidupan sehari -hari.

#Tantanganke4
#ODOPbatch5
#Onedayonepost
#ODOPnonfiksi

Comments

Nurul Sufitri said…
Berapapun pendapatan kita per bulan, rasanya ga akan pernah cukup kalau kita ga bisa mengelolanya dg baik. kadang lebih besar pasak daripada tiang kaaan. Apalagi banyak bujuk rayu sale2 mall hihiii.. Tapi ini buku bagus sepertinya menarik dibaca, buat panduan kita2 mengatur keuangan.

Popular posts from this blog

Pencairan BPJS Ketenagakerjaan di Depok

Hai, untuk tulisan pagi ini saya ingin berbagi pengalaman tentang pencairan BPJS Ketenagakerjaan khususnya di Kota Depok. Sudah pernah saya tulis di blog sebelumnya bahwa tahun kemarin tepatnya bulan juni saya resign, dan setelah melihat persyaratannya, kartu saya sudah bisa untuk diajukan pencairannya (kebetulan saya mencairkan di bulan desember). Alhamdulillah setelah saya cek di online account BPJS saya, jumlahnya cukup layak untuk saya perjuangkan pencairannya. Hahahaa...lebay, maklum mak mak😂.
Apa sih ketentuan dalam pencairan BPJS Ketenagakerjaan ?
Jarak pencairan dengan tanggal resign sudah lebih dari 1 bulan. Jadi kalo kamu baru resign kurang dari sebulan jangan buru buru mencairkan ya, nanti pasti akan ditolak.Sudah tidak aktif sebagai peserta PBJS ketenagakerjaan. Cek dulu ke Perusahaan apakah kartu kamu sudah di nonaktifkan oleh Perusahaan.

Apa saja dokumen yang harus dibawa?
Kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan asli dan fotocopySurat asli pengunduran diri dan foto copySura…

Club Taekwondo "O2TC" di Depok

Setelah di tulisan sebelumnya saya pernah menceritakan kegiatan raihan dan afifah yang salah satunya adalah taekwondo. Sekarang saya ingin menceritakan lebih detail tentang club tempat anak - anak latihan taekwondo yang bernama O2TC. Siapa tahu nanti ada ibu - ibu seperti saya yang ingin mencarikan tempat latihan taekwondo untuk anaknya dan searching di internet,  menemukan tulisan saya di blog ini dan bisa dijadikan referensi^^.

Tentang Club Taekwondo O2TC
O2TC ini berada di GOR Kesang, jalan Kalimantan Raya, Beji, Depok, tidak jauh dari SDIT Al Muqorrobin. Nama O2TC sendiri merupakan singkatan dari 2 nama sabeum-nya (sabeum : sebutan pelatih untuk taekwondo), Ochied dan Odie. Latihan dijadwalkan seminggu 2 kali yaitu hari selasa dan sabtu setiap jam 15.30 s.d jam 17.45 Wib untuk kelas reguler, sedangkan untuk kelas prestasi dari senin - sabtu tiap jam 19.00 - 21.00 Wib. 
Fasilitas dan Pengembangan
O2TC memiliki tempat latihan yang menurut saya sangat representatif dan layak untuk tae…

Kebersamaan dalam Arisan di Resto Khasanti Depok

Sabtu kemarin akhirnya bisa juga ikut bergabung di arisan yang rutin diadakan tiap bulan oleh Ibu - ibu murid kelas 1 Shafa SDIT Alharaki Depok. Biasanya saya selalu absen karena diadakannya bertepatan dengan jam kerja. Menyenangkan bisa ketemu dengan ibu - ibu teman-nya raihan, asyik - asyik dan langsung akrab meski hanya ketemu sekali.
Hari itu yang datang alhamdulillah 11 orang, dari 32 wali murid. Bersantap bersama, berdiskusi tentang hal - hal yang berhubungan dengan perpisahan kelas 1 shafa nanti, karena kebetulan sebentar lagi akan masuk tahun ajaran baru, yach 2 bulan lagi lah. Bercanda dan yang pasti bisa jadi tempat bisnis loh...saling order barang dagangan masing -masing. Seru deh^^

Acara arisan dilakukan di Resto Khasanti, familiy resto yang ada di Depok. Saya suka sekali dengan ornamen Belanda dan suasana di khasanti ini hommy - sejuk - segar, banyak pohon dan tanaman di sekitar, area-nya juga cukup luas. Menu yang disajikan dengan berbagai banyak pilihan, sayang saya lu…

Alhamdulillah, Anak Lanang Sudah Sunat

Salah satu proses sakral dan dilakukan sekali seumur hidup bagi laki - laki adalah sunat atau khitan. Kebetulan saya punya anak lanang, pastinya harus siap menghadapi proses itu. Meskipun yang sunat anaknya, yang lebay dan deg - degan kok ya bundanya😁.
Raihan minta sunat sebenarnya sudah dari kelas 1 SD kemarin pas usianya masih 6,5 tahun, tapi saya belum tega. Setelah dia naik kelas 2 SD dan masih tetep ngeyel minta sunat, akhirnya saya janjikan liburan semester 1 bulan desember 2017. Senang bukan main dia, sudah nanya -nanya terus kapan liburan. Semangat bukan main ingin sunat, mungkin karena beberapa teman di perumahan sudah pada sunat jadi dia tidak takut dengan istilah sunat itu.
Akhirnya desember 2017 kemarin kita mudik liburan di nganjuk, sekalian sunat di rumah Kakung. Sengaja memang saya sunat raihan di nganjuk, karena sudah lama dia tidak ketemu keluarga di Nganjuk dan Kediri. Tidak banyak persiapan yang saya lakukan, karena Ibu saya sudah cukup pengalaman nyunatin adek sa…

Arisan Ceria di Hanamasa Cibubur

Meet up kami yang terjadi sebulan sekali ini adalah bagian dari kegiatan refreshing saya, melupakan sebentar kerjaan rumah yang rasanya tidak ada habisnya. Punya teman sesama mak - mak ceria yang tinggalnya juga sama-an area Depok dan Jakarta adalah salah satu kebahagiaan tersendiri buat saya. Komunikasi yang terjadi di group whatsapp akan kami jadikan nyata sebulan sekali sekaligus arisan yang satu orang 5 milyar (ini lebay maksimal).
Saya tidak pernah pergi sendiri, pasti tetap mengajak junior yang katanya  wajahnya secantik saya ( tidak boleh protes). Tidak mungkin juga saya tinggal di rumah, mana tega saya membiarkan kesayangan saya nangis kejer gara - gara ditinggal bundanya arisan. Alhamdulillah sejauh ini Afifah selalu manis menemani saya, dengan saya bawakan buku untuk menggambar dan sesekali melihat youtube litte pony dia akan tenang duduk di sampaing saya.
Setelah melalui diskusi yang panjang di group whatsapp akhirnya kesepakatannya kita akan meet up di Hanamasa Cibubur. Ja…

Rihlah di Taman Wisata Matahari

Kali ini saya menyebut acara wisata ini dengan  nama rihlah. Sebenarnya sama sih artinya, hanya beda-nya kalau rihlah dalam bahasa arab dan wisata dalam bahasa indonesia. Salah satu program liqo kami setiap tahunnya, yang bertujuan untuk tadabbur alam, mempererat ukhuwah dan membangun kebersamaan.
Rihlah ini diadakan hari rabu kemarin, dan saya baru sempat posting hari ini. Tujuan rihlah kami adalah ke taman wisata matahari di Puncak. Kedua kalinya saya mengunjungi tempat wisata taman matahari, setelah 10 tahun yang lalu. Sudah lama juga ya, dan memang terlihat sudah berubah banyak sekali. Mulai dari jalan masuk dan beberapa area yang kekinian.
Biaya masuk 45ribu karena peak sesion (hari libur anak sekolah), kalau hari biasa hanya 35ribu. Menurut saya cukup murah karena dengan 45ribu bisa menikmati terusan 5 wahana dengan gratis. Ada matahari water park (cukup besar dan lengkap dengan mainan perosotan), perahu karet, menara pandang matahari (mulai 1 april diganti perahu naga), funtas…

Tetap Syar'i, Modis dan Nyaman dengan Gamis Shafeeya

Setelah saya melahirkan afifah, berat badan saya naiknya ga kompromi, apalagi setelah saya pindah kerja dan selalu pulang pergi sama suami. Saya lebih banyak duduk daripada menggerakkan badan, bisa dibayangkan saya yang makannya banyak tapi kurang gerak, alhasil timbangan seaya selalu ke arah kanan dengan sukses.
Salah satu hal yang tidak mengenakkan ketika mempunyai berat badan di atas rata - rata, adalah disaat saya harus memilih baju yang sesuai dengan tubuh tetap nyaman dan tidak menimbulkan efek terlihat lebih gemuk, karena saya sudah gemuk,hehehe.Beberapa tahun belakangan ini saya lebih suka memakai gamis dan jilbab bergo lebar jika pergi kemana - mana, selain memang lebih syar'i juga lebih praktis. Saya bukan tipe orang yang suka belanja di mall,pasar atau toko baju ketika harus membeli baju, karena waktu saya tidak cukup untuk pergi dan milih baju yang suka. Saya suka belanja online, tapi beberapa kali saya beli gamis ternyata ukuran-nya tidak sesuai dengan tubuh saya. Ya…

Renang Seru dan Nyaman di Kolam Renang Paragon

Kesukaan anak - anak ketika hari libur salah satunya adalah berenang dengan ayah-nya, kalau bundanya cukup melihat dari tempat duduk (alias malas basah). Ada banyak tempat renang di Depok, tapi ayah dan raihan milihnya pasti yang itu - itu aja. Ada dua tempat renang yang menjadi pilihan kami, yaitu kolam renang paragon dan kolam renang matoa. Dua kolam renang itu letaknya di depok, karena memang kami juga tinggal di depok, jadi milihnya yang ga jauh - jauh dari rumah donk. Hehhehee
Saya beberapa kali ikut berenang ketika di  paragon dan bertahan sampai 3 jam. Saya merasakan 3 jam itu sudah lama sekali, eee ga tau-nya anak - anak malah bisa bertahan sampai 5 jam. Diajakin berhenti tidak mau, padahal sudah berenang mulai dari jam setengah delapan dan baru selesai jam setengah 1 siang. 
Apa sih yang membuat kami bisa nyaman renang di Paragon?
1. Tempatnya Adem karena Semi Indoor

Paragon adalah salah satu kolam renang dengan atap diatasnya. Jadi meskipun diluar panas cetar karena sinar m…