Skip to main content

Alhamdulillah, Anak Lanang Sudah Sunat

Salah satu proses sakral dan dilakukan sekali seumur hidup bagi laki - laki adalah sunat atau khitan. Kebetulan saya punya anak lanang, pastinya harus siap menghadapi proses itu. Meskipun yang sunat anaknya, yang lebay dan deg - degan kok ya bundanya😁.

Raihan minta sunat sebenarnya sudah dari kelas 1 SD kemarin pas usianya masih 6,5 tahun, tapi saya belum tega. Setelah dia naik kelas 2 SD dan masih tetep ngeyel minta sunat, akhirnya saya janjikan liburan semester 1 bulan desember 2017. Senang bukan main dia, sudah nanya -nanya terus kapan liburan. Semangat bukan main ingin sunat, mungkin karena beberapa teman di perumahan sudah pada sunat jadi dia tidak takut dengan istilah sunat itu.

Akhirnya desember 2017 kemarin kita mudik liburan di nganjuk, sekalian sunat di rumah Kakung. Sengaja memang saya sunat raihan di nganjuk, karena sudah lama dia tidak ketemu keluarga di Nganjuk dan Kediri. Tidak banyak persiapan yang saya lakukan, karena Ibu saya sudah cukup pengalaman nyunatin adek saya dan keponakan. Kebetulan di dekat rumah ada mantri sunat kata ibu saya dan sudah pernah sunatin keponakan saya, jadi saya lebih tenang.



Metode apa yang dipakai untuk sunat Raihan?

Sesuai dengan rekomendasi Ibu saya, akhirnya saya memilih menyunatkan Raihan di mantri dekat rumah Ibu. Pilihan di sana hanya ada tekhnik konvensional atau tradisional, jadi saya ikut aja sesuai yang ada. Biayanya 300ribu, dapat obat 3 jenis (saya lupa apa saja obatnya).

Sebenarnya ada beberapa metode sunat yang nanti bisa menjadi pertimbangan kalo mau mengkhitan anak ya, diantaranya metode konvensional, cauter, laser, smart clamp dan bipolar. Untuk penjelasannya  ada banyak kalo mau googling ya, sekalian dengan harga. Kalau yang paling terbaru metode pakai yang bipolar cutter, lebih aman tapi juga lebih mahal.

Bagaimana cerita saat proses sunat dan setelah disunat?
Raihan terlihat tenang ketika di dalam ruangan. Saya izinkan dia main game di hp sambil dengerin pak de-nya cerita untuk mengalihkan perhatian. Ayahnya belum bisa menemani, bis dari jakarta ke nganjuk kena macet,yang biasanya 20 jam jadi 30 jam.

Setelah sunat, 1 jam dia tenang karena ada obat bius, tapi setelahnya mulai merasakan nyeri dan hampir 30 menit nangis karena tidak bisa nahan sakit. Alhamdulillah setelahnya dia tidur nyenyak. Untuk proses penyembuhan, semua berjalan lancar, paling selesai buang air kecil agak drama sedikit, nangis terus bilang "bunda...perih". Jangan lupa untuk bekas pipis di lap tisu ya, pelan pelan saja.

Drama selanjutnya saat perban dibuka, dia teriak nahan sakit tapi hanya sebentar. Jadi nanti santai ya bu ibu..nyeri itu hanya sebentar. Yang penting setelah diperban jangan dikasih perban lagi meski hanya ditempelkan saja, karena nanti bisa nempel dan akhirnyaa drama lagi karena sakit saat perban mau diambil.
Dua hari setelah sunat raihan sudah mulai aktif bergerak,meski harus tetap diingatkan untuk hati hati menghindari tergesek dengan celana dalam atau sarung.

Pada saat proses penyembuhan, jangan lupa siapkan celana sunat minimal 3 buah untuk ganti ganti tiap hari biar selalu bersih. Kalo bisa celana sunat jangan dipakai terus menerus, karena luka sunat perlu diangin -angin biar cepat kering. Usahakan tidak mandi dulu ya, atau kalo mau bersih bersih badan cukup di"seko" dan untuk luka sunat jangan sampai terkena air ya.

Berapa lama proses penyembuhan?
Raihan perlu sekitar 10 hari untuk luka-nya kering. Saya sempat khawatir kok lama ya,tapi ternyata rata memang 10 - 15 hari jika memakai metode konvensional. Oh ya, saya juga beli obat cina untuk mempercepat luka sunat agar segera kering. Alhamdulillah setelah 10 hari Raihan sudah bisa masuk sekolah dan tidak pakai celana sunat lagi.  

Semoga tulisan ini bermanfaat ya untuk ibu - ibu yang  anaknya akan sunat. Tidak keseluruhan bisa saya ceritakan di blog ini, jadi saya siap kapan saja kalo ada yang mau ajak sharing ini itu. Hehehe

Depok, 20 Februari 2018

#ODOPbatch5
#onedayonepost



Comments

Keponakanku juga pernah di sunat nih mba dan alhamdulillah nnggak nangis. Itu biaya sunat Rp 300 ribu tergolong terjangkau ya mba. Alhamudlillah dan semoga si kecil jadi jagoan dan selalu sehat yaa. Aamin
Iya mba..di kampung, jadi murah. Hehehe..kalo di depok paling 500ribu lebih.bisa sampai 1 juta. Makasih doanya mba^^
Elva Susanti said…
Obat cina spt apa mbak? Penasaran mau lihat obatnya
Amelia Fafu said…
Wah, terjangkau banget ya. Tapi, aku sendiri belum tahu dan ngerasain bawa anak lanang sunat hehe. Soalnya 2 anak semua perempuan. Hehe. Btw, semoga Raihan jadi anak sholih ya, Nak..
@mba elva : aku lupa namanya apa mba..pake huruf china, beli diapotik kediri. Hehee...tapi memang bantu banget sembuhnya, cepet keringnya

@mba amelia :makasih doanya mba, iya dikampung murah dan alhamdulillah aman.
Eni Martini said…
Tahundepan Mas Pijar Insaallah sunat, rencana ga mau yang laser karena masih pro dan kontra, makasih sharingnya yaa
ratih prida said…
ternyata anaknya sunat bundanya jg ikut deg-deg an ya mbaa, saya blm punya anak laki-laki jd g kebayang :)
eh, tapi pinter ya diminta untuk sunat ngga nangis. Sehat dan solih ya nak...
Hanni Handayani said…
Lama juga ya mba sembuhnya, biasa orang-orang mau yang simpel. Ga perlu lama, anaknya sudah bisa main lagi.
April Hamsa said…
wow Reihan hebat dah minta sunat. Kalau konvensional emang penyembuhannya agak lama ya, kayak zaman tmn2 cowok kita dulu. Tapi yg penting anaknya berani dan sehat.
BTW Nganjuknya dmn mbak? Dulu rumah eyangku juga Nganjuk, area Kauman deket alun2.
Huaaah, aku jadi kepikiran juga nig nanti mau nyunatin anak-anak.. :D Lumayan lama kuga ya mba penyembuhannya 10 hari.. Anak yang disunat tapi aku yang rada deg-degan..l
Seneng ya mba, rasanya lega ketika anak laki-laki sudah sunat, si anakpun secara psiklogis jadi lebih PD
Mira Miut said…
pengungat nih nanti kalau mau khitan anak lanang. 5 tahun lagi berapa yah biayanya semoga masih terjangkau
Sri Widiyastuti said…
Selamat ya Abang Raihan.Moga sekarang sudah pulih ya mbak. Anak saya khitan tradisional, alhamdulillah seminggu sembuh lukanya. cuma emaknya aja degdegan selama merawat lukanya hihihi

Popular posts from this blog

Pencairan BPJS Ketenagakerjaan di Depok

Hai, untuk tulisan pagi ini saya ingin berbagi pengalaman tentang pencairan BPJS Ketenagakerjaan khususnya di Kota Depok. Sudah pernah saya tulis di blog sebelumnya bahwa tahun kemarin tepatnya bulan juni saya resign, dan setelah melihat persyaratannya, kartu saya sudah bisa untuk diajukan pencairannya (kebetulan saya mencairkan di bulan desember). Alhamdulillah setelah saya cek di online account BPJS saya, jumlahnya cukup layak untuk saya perjuangkan pencairannya. Hahahaa...lebay, maklum mak mak😂.
Apa sih ketentuan dalam pencairan BPJS Ketenagakerjaan ?
Jarak pencairan dengan tanggal resign sudah lebih dari 1 bulan. Jadi kalo kamu baru resign kurang dari sebulan jangan buru buru mencairkan ya, nanti pasti akan ditolak.Sudah tidak aktif sebagai peserta PBJS ketenagakerjaan. Cek dulu ke Perusahaan apakah kartu kamu sudah di nonaktifkan oleh Perusahaan.

Apa saja dokumen yang harus dibawa?
Kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan asli dan fotocopySurat asli pengunduran diri dan foto copySura…

Club Taekwondo "O2TC" di Depok

Setelah di tulisan sebelumnya saya pernah menceritakan kegiatan raihan dan afifah yang salah satunya adalah taekwondo. Sekarang saya ingin menceritakan lebih detail tentang club tempat anak - anak latihan taekwondo yang bernama O2TC. Siapa tahu nanti ada ibu - ibu seperti saya yang ingin mencarikan tempat latihan taekwondo untuk anaknya dan searching di internet,  menemukan tulisan saya di blog ini dan bisa dijadikan referensi^^.

Tentang Club Taekwondo O2TC
O2TC ini berada di GOR Kesang, jalan Kalimantan Raya, Beji, Depok, tidak jauh dari SDIT Al Muqorrobin. Nama O2TC sendiri merupakan singkatan dari 2 nama sabeum-nya (sabeum : sebutan pelatih untuk taekwondo), Ochied dan Odie. Latihan dijadwalkan seminggu 2 kali yaitu hari selasa dan sabtu setiap jam 15.30 s.d jam 17.45 Wib untuk kelas reguler, sedangkan untuk kelas prestasi dari senin - sabtu tiap jam 19.00 - 21.00 Wib. 
Fasilitas dan Pengembangan
O2TC memiliki tempat latihan yang menurut saya sangat representatif dan layak untuk tae…

Kebersamaan dalam Arisan di Resto Khasanti Depok

Sabtu kemarin akhirnya bisa juga ikut bergabung di arisan yang rutin diadakan tiap bulan oleh Ibu - ibu murid kelas 1 Shafa SDIT Alharaki Depok. Biasanya saya selalu absen karena diadakannya bertepatan dengan jam kerja. Menyenangkan bisa ketemu dengan ibu - ibu teman-nya raihan, asyik - asyik dan langsung akrab meski hanya ketemu sekali.
Hari itu yang datang alhamdulillah 11 orang, dari 32 wali murid. Bersantap bersama, berdiskusi tentang hal - hal yang berhubungan dengan perpisahan kelas 1 shafa nanti, karena kebetulan sebentar lagi akan masuk tahun ajaran baru, yach 2 bulan lagi lah. Bercanda dan yang pasti bisa jadi tempat bisnis loh...saling order barang dagangan masing -masing. Seru deh^^

Acara arisan dilakukan di Resto Khasanti, familiy resto yang ada di Depok. Saya suka sekali dengan ornamen Belanda dan suasana di khasanti ini hommy - sejuk - segar, banyak pohon dan tanaman di sekitar, area-nya juga cukup luas. Menu yang disajikan dengan berbagai banyak pilihan, sayang saya lu…

Arisan Ceria di Hanamasa Cibubur

Meet up kami yang terjadi sebulan sekali ini adalah bagian dari kegiatan refreshing saya, melupakan sebentar kerjaan rumah yang rasanya tidak ada habisnya. Punya teman sesama mak - mak ceria yang tinggalnya juga sama-an area Depok dan Jakarta adalah salah satu kebahagiaan tersendiri buat saya. Komunikasi yang terjadi di group whatsapp akan kami jadikan nyata sebulan sekali sekaligus arisan yang satu orang 5 milyar (ini lebay maksimal).
Saya tidak pernah pergi sendiri, pasti tetap mengajak junior yang katanya  wajahnya secantik saya ( tidak boleh protes). Tidak mungkin juga saya tinggal di rumah, mana tega saya membiarkan kesayangan saya nangis kejer gara - gara ditinggal bundanya arisan. Alhamdulillah sejauh ini Afifah selalu manis menemani saya, dengan saya bawakan buku untuk menggambar dan sesekali melihat youtube litte pony dia akan tenang duduk di sampaing saya.
Setelah melalui diskusi yang panjang di group whatsapp akhirnya kesepakatannya kita akan meet up di Hanamasa Cibubur. Ja…

Family Gathering Alki Level 2 di Pondok Zidane

Week end kali ini kayaknya akan full buat Mas Raihan, karena kebetulan hari ini ada family gathering level 2 Sekolahnya dan besok mas raihan ikut di liga futsal AAFI.



Menyenangkan sih acara gathering family hari ini, banyak keluarga dari anak -anak level 2 yang hadir. Acara dilaksanakan di Pondok Zidane Sawangan Depok, dari jam 8 pagi - 2 siang. Kita datang terlambat karena berangkat mepet jam 8, alhamdulillah ga macet banget di jalan, karena memang sengaja ga pake mobil, enakan pake motor..wuss wuss wuss.

Area di pondok zidane cukup luas dengan fasilitas outbond yang lengkap.  Mulai dari kapal-kapalan, halang rintang, flying fox ada kolam renang juga, kalo ga salah mereka juga menyewakan becak mini dan mainan balon (yang 2 item ini kebetulan ga ada). Tempatnya pun bersih dan sejuk, cocok lah kalo untuk melepas penat sejenak. Ada game juga loh buat orang tua wali murid, seru..rame pisan. hehehe. Oh ya, tempat parkirnya juga luas..cukup untuk mobil dan motor.


Soal biaya masuk, berhubun…

Renang Seru dan Nyaman di Kolam Renang Paragon

Kesukaan anak - anak ketika hari libur salah satunya adalah berenang dengan ayah-nya, kalau bundanya cukup melihat dari tempat duduk (alias malas basah). Ada banyak tempat renang di Depok, tapi ayah dan raihan milihnya pasti yang itu - itu aja. Ada dua tempat renang yang menjadi pilihan kami, yaitu kolam renang paragon dan kolam renang matoa. Dua kolam renang itu letaknya di depok, karena memang kami juga tinggal di depok, jadi milihnya yang ga jauh - jauh dari rumah donk. Hehhehee
Saya beberapa kali ikut berenang ketika di  paragon dan bertahan sampai 3 jam. Saya merasakan 3 jam itu sudah lama sekali, eee ga tau-nya anak - anak malah bisa bertahan sampai 5 jam. Diajakin berhenti tidak mau, padahal sudah berenang mulai dari jam setengah delapan dan baru selesai jam setengah 1 siang. 
Apa sih yang membuat kami bisa nyaman renang di Paragon?
1. Tempatnya Adem karena Semi Indoor

Paragon adalah salah satu kolam renang dengan atap diatasnya. Jadi meskipun diluar panas cetar karena sinar m…

Rihlah di Taman Wisata Matahari

Kali ini saya menyebut acara wisata ini dengan  nama rihlah. Sebenarnya sama sih artinya, hanya beda-nya kalau rihlah dalam bahasa arab dan wisata dalam bahasa indonesia. Salah satu program liqo kami setiap tahunnya, yang bertujuan untuk tadabbur alam, mempererat ukhuwah dan membangun kebersamaan.
Rihlah ini diadakan hari rabu kemarin, dan saya baru sempat posting hari ini. Tujuan rihlah kami adalah ke taman wisata matahari di Puncak. Kedua kalinya saya mengunjungi tempat wisata taman matahari, setelah 10 tahun yang lalu. Sudah lama juga ya, dan memang terlihat sudah berubah banyak sekali. Mulai dari jalan masuk dan beberapa area yang kekinian.
Biaya masuk 45ribu karena peak sesion (hari libur anak sekolah), kalau hari biasa hanya 35ribu. Menurut saya cukup murah karena dengan 45ribu bisa menikmati terusan 5 wahana dengan gratis. Ada matahari water park (cukup besar dan lengkap dengan mainan perosotan), perahu karet, menara pandang matahari (mulai 1 april diganti perahu naga), funtas…