Skip to main content

Tips Interview untuk Fresh Graduate

Sudah lama saya ingin menulis tentang ke-HRD-an. Rutinitas pekerjaan yang sudah saya tinggalkan sejak 7 bulan yang lalu. Kangen sih kadang - kadang, tapi saya memang belum ada keinginan bekerja kantoran lagi, belum tau sampai kapan. Jadi mending saya tuliskan sesuatu yang saya ingat, yang mungkin bisa dibaca dan bermanfaat untuk orang lain.

Bekerja di bidang HRD khususnya menangani rekrutment dan talent management itu pasti tidak akan pernah lepas dari kegiatan sortir cv lamaran pekerjaan dan interview calon karyawan,selain pekerjaan lainnya yang saya rasa lebih ribet dari ini. Perusahaan saya bekerja kebetulan bergerak di bidang agency dan digital, dan selalu saja ada kebutuhan karyawan baru, mengingat tingginya turn over (banyak perusahaan digital yang sedang bertumbuh dan membutuhkan karyawan baru) dan bajak membajak talent antar perusahaan.

Ketika tau saya bekerja di bidang Human Resources, beberapa teman yang mau interview atau saudaranya diundang untuk interview biasanya menyempatkan bertanya pada saya, apa sih tips interview biar mereka bisa lolos. Saya sebagai pihak yang biasa melakukan interview lebih suka untuk memberikan beberapa jawaban dari sudut pandang dan pengalaman saya selama ini menghadapi para pelamar.
Gambar dari gogole
Kenapa saya menekankan tips interview ini untuk fresh graduate?

Fresh graduate atau pelamar yang baru lulus S1 sebagian besar belum mempunyai pengalaman bekerja. Ketika mereka dipanggil untuk interview belum ada kegiatan sebagai pekerja kantoran yang mereka pernah alami,sehingga harus mempunyai "senjata" yang berbeda untuk meyakinkan interviewer bahwa mereka memang layak diterima sebagai karyawan meskipun tanpa pengalaman

Apa saja yang harus disiapkan sebelum memasuki ruang interview?
  1. Jangan lupa membawa CV lengkap dalam bentuk soft file atau hard copy. Sehingga jika diminta tiba - tiba oleh pihak HRD, tidak menganggu ketenangan karena tiba -tiba panik merasa ada yang kurang.
  2. Datang  minimal 15 menit sebelum jadwal interview, jangan terlalu mepet. Kamu butuh untuk merapikan diri, pergi ke toilet dan duduk sebentar untuk menenangkan diri setelah menempuh perjalanan dari rumah ke perusahaan yang mengundang kamu. Datang lebih awal juga bisa menjadi salah satu penilaian kalau kamu antusias dan berminat dengan pekerjaan yang kamu lamar.
  3. Pakai baju senyaman mungkin, sesuaikan dengan lingkungan kantor yang kamu lamar. Misal kamu di undang interview oleh Bank atau perusahaan asuransi yang karyawan-nya kebanyakan pake dasi dan blaser, otomatis berbeda ketika kamu diundang oleh perusahaan agency atau perusahaan digital creative yang penampilannya lebih santai meski beberapa tetap formal.
  4. Pelajari perusahaan yang kamu lamar, jangan malas untuk buka website perusahaan yang mengundang serta membacanya lebih detail. Jika perlu, searching segala informasi terkait perusahaan itu melalui internet dan tidak hanya membaca dari website-ya. Itu akan sangat berguna jika kamu menghadapi interviewer yang mencoba menggali pengetahuan tentang perusahaan dan inisiatif kamu untuk mengetahui lebih jauh tentang perusahaan yang kamu lamar.
  5. Pelajari juga pekerjaan yang kamu lamar, job deskripsinya dan kira - kira skill apa yang kamu miliki yang berkorelasi dengan pekerjaan. Skill tidak harus yang hard skill , soft skill pun tidak masalah. Meski kamu freshgraduate, tapi karena sebelumnya kamu sudah mempelajari jobdes marketing itu apa saja, kamu tidak seperti sekedar coba - coba semua pekerjaan asal keterima, tapi memang kamu mengetahui dan menyukai bidang yang kamu lamar meski hanya dasar - dasarnya.
  6. Persiapkan jawaban -jawaban untuk pertanyaan yang biasanya ditanyakan saat interview. Pengalaman saya selama ini, biasanya yang saya tanyakan tidak jauh - jauh dari motivasi melamar pekerjaan, pengetahuan tentang perusahaan, skill yang mendukung pekerjaan yang dilamar, pengalaman kerja (untuk fresh graduate biasanya lebih saya tanya ke skripsi, pengalaman penilitian, kegiatan selama kuliah dll), gaji yang diminta dan kesiapan untuk bekerja dimana pun dan dalam kondisi apapun. Saran saya, jawablah dengan jujur semua pertanyaan. Persiapan ini hanya untuk mengurangi nervous dan blank aja ketika harus interview, bukan untuk mengarang jawaban. Tidak ada yang berkah dengan kebohongan bukan?๐Ÿ˜Š

Bagaimana ketika sudah di ruang interview?
  1. Jika pintu ruangan interview dalam keadaan tertutup, ketok pintu pelan - pelan dan buka setelah ada "jawaban" dari dalam ruangan untuk mempersilahkan masuk. Ini memperlihatkan kamu adalah orang yang sopan dan menghargai orang lain. Jangan lupa, jabat tangan interviewer dengan tegas dan semangat (agak susah menjelaskan)
  2. Duduk dengan tegak dan rapi tapi tetap rileks, duduknya jangan membungkuk atau terlihat lunglai, mengurangi nilai percaya diri dan antusiasme. Taruh tas disamping kursi, jika ada kursi disebelahmu yang kosong tarus diatas kursi atau jika tidak ada senderkan di samping kursimu. Jangan pangku tas, karena nanti terkesan tidak rapi dan tidak percaya diri. Apalagi naruh tas diatas meja depan interviewer, nanti terlihat tidak sopan. Kecuali ada satu hal yang membuat kamu harus menaruh diatas meja,itupun harus izin dahulu.
  3. Jawablah pertanyaan dengan tenang dan tidak terburu buru. Suara juga jangan terlalu pelan, nanti yang interview ga denger. Sesekali pandangan mata ke arah interviewer, tidak menunduk terus dan juga tidak kemana - mana. Masa lagi ditanya serius tapi pandangan mata kemana-mana.
  4. Tunjukkan kalau kamu percaya diri dan siap belajar. Menurut saya fresh fraduate belum saatnya berpikir tentang gaji yang gede, tapi lebih ke mencari pengalaman dan belajar banyak di tempat kerja baru-nya. Seiring jalan jika kinerja baik dan attitude juga dijaga, gaji dan lain - lain insyaAllah akan mengikuti.
  5. Jika diberikan kesempatan untuk bertanya, bertanyalah lebih ke seputaran pekerjaan, dan hindari bertanya tentang fasilitas dan gaji dulu (lebih baik jika ini dibahas ketika nego gaji, bukan saat interview), kecuali kamu akan ditempatkan di luar kota atau luar jawa yang jauh dari tempat tinggalmu sehingga butuh kepastian fasilitas. Tips no 5 ini khusus untuk fresh graduate ya^^.
  6. Setelah selesai interview, sebisa mungkin sampaikan terimakasih karena sudah diberikan kesempatan untuk interview.
Sepertinya tips saya sudah cukup banyak, sambil saya inget - inget apa lagi yang belum saya tulis ya. Yang paling penting, selalu berdoa semoga Allah memudahkan segala urusan, tetap berusaha dan percaya rezeki Allah yang mengatur. 

Dulu, ketika saya mencari kandidat untuk officer di tim saya, saya lebih suka mencari kandidat yang masih fresh graduate. Kandidat dengan skill dasar microsoft office yang cukupan (tidak perlu terlalu ahli tapi mau belajar) dan mengetahui dasar - dasar manajemen SDM meskipun hanya teori (harus banyak membaca ya). Intinya adalah attitude dan keinginan belajar yang cukup tinggi. Tantangan tersendiri bagi saya untuk bisa mengajari dan membagi ilmu ke mereka dari nol. Lebih bahagia lagi kalo nanti mereka yang akhirnya menjadi pemimpin -pemimpin di masa depan☺.

Depok, 23 Februari 2018

#ODOPbatch5
#onedayonepost

Comments

Restantidwi said…
Yup, sepakat. Attitude lebih diutamakan karena ini tak bisa dibangun secepat mengajari sebuah ketrampilan ๐Ÿ˜
ditunggu sharing selanjutnya mba,...

Popular posts from this blog

Pencairan BPJS Ketenagakerjaan di Depok

Hai, untuk tulisan pagi ini saya ingin berbagi pengalaman tentang pencairan BPJS Ketenagakerjaan khususnya di Kota Depok. Sudah pernah saya tulis di blog sebelumnya bahwa tahun kemarin tepatnya bulan juni saya resign, dan setelah melihat persyaratannya, kartu saya sudah bisa untuk diajukan pencairannya (kebetulan saya mencairkan di bulan desember). Alhamdulillah setelah saya cek di online account BPJS saya, jumlahnya cukup layak untuk saya perjuangkan pencairannya. Hahahaa...lebay, maklum mak mak๐Ÿ˜‚.
Apa sih ketentuan dalam pencairan BPJS Ketenagakerjaan ?
Jarak pencairan dengan tanggal resign sudah lebih dari 1 bulan. Jadi kalo kamu baru resign kurang dari sebulan jangan buru buru mencairkan ya, nanti pasti akan ditolak.Sudah tidak aktif sebagai peserta PBJS ketenagakerjaan. Cek dulu ke Perusahaan apakah kartu kamu sudah di nonaktifkan oleh Perusahaan.

Apa saja dokumen yang harus dibawa?
Kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan asli dan fotocopySurat asli pengunduran diri dan foto copySura…

Club Taekwondo "O2TC" di Depok

Setelah di tulisan sebelumnya saya pernah menceritakan kegiatan raihan dan afifah yang salah satunya adalah taekwondo. Sekarang saya ingin menceritakan lebih detail tentang club tempat anak - anak latihan taekwondo yang bernama O2TC. Siapa tahu nanti ada ibu - ibu seperti saya yang ingin mencarikan tempat latihan taekwondo untuk anaknya dan searching di internet,  menemukan tulisan saya di blog ini dan bisa dijadikan referensi^^.

Tentang Club Taekwondo O2TC
O2TC ini berada di GOR Kesang, jalan Kalimantan Raya, Beji, Depok, tidak jauh dari SDIT Al Muqorrobin. Nama O2TC sendiri merupakan singkatan dari 2 nama sabeum-nya (sabeum : sebutan pelatih untuk taekwondo), Ochied dan Odie. Latihan dijadwalkan seminggu 2 kali yaitu hari selasa dan sabtu setiap jam 15.30 s.d jam 17.45 Wib untuk kelas reguler, sedangkan untuk kelas prestasi dari senin - sabtu tiap jam 19.00 - 21.00 Wib. 
Fasilitas dan Pengembangan
O2TC memiliki tempat latihan yang menurut saya sangat representatif dan layak untuk tae…

Kebersamaan dalam Arisan di Resto Khasanti Depok

Sabtu kemarin akhirnya bisa juga ikut bergabung di arisan yang rutin diadakan tiap bulan oleh Ibu - ibu murid kelas 1 Shafa SDIT Alharaki Depok. Biasanya saya selalu absen karena diadakannya bertepatan dengan jam kerja. Menyenangkan bisa ketemu dengan ibu - ibu teman-nya raihan, asyik - asyik dan langsung akrab meski hanya ketemu sekali.
Hari itu yang datang alhamdulillah 11 orang, dari 32 wali murid. Bersantap bersama, berdiskusi tentang hal - hal yang berhubungan dengan perpisahan kelas 1 shafa nanti, karena kebetulan sebentar lagi akan masuk tahun ajaran baru, yach 2 bulan lagi lah. Bercanda dan yang pasti bisa jadi tempat bisnis loh...saling order barang dagangan masing -masing. Seru deh^^

Acara arisan dilakukan di Resto Khasanti, familiy resto yang ada di Depok. Saya suka sekali dengan ornamen Belanda dan suasana di khasanti ini hommy - sejuk - segar, banyak pohon dan tanaman di sekitar, area-nya juga cukup luas. Menu yang disajikan dengan berbagai banyak pilihan, sayang saya lu…

Arisan Ceria di Hanamasa Cibubur

Meet up kami yang terjadi sebulan sekali ini adalah bagian dari kegiatan refreshing saya, melupakan sebentar kerjaan rumah yang rasanya tidak ada habisnya. Punya teman sesama mak - mak ceria yang tinggalnya juga sama-an area Depok dan Jakarta adalah salah satu kebahagiaan tersendiri buat saya. Komunikasi yang terjadi di group whatsapp akan kami jadikan nyata sebulan sekali sekaligus arisan yang satu orang 5 milyar (ini lebay maksimal).
Saya tidak pernah pergi sendiri, pasti tetap mengajak junior yang katanya  wajahnya secantik saya ( tidak boleh protes). Tidak mungkin juga saya tinggal di rumah, mana tega saya membiarkan kesayangan saya nangis kejer gara - gara ditinggal bundanya arisan. Alhamdulillah sejauh ini Afifah selalu manis menemani saya, dengan saya bawakan buku untuk menggambar dan sesekali melihat youtube litte pony dia akan tenang duduk di sampaing saya.
Setelah melalui diskusi yang panjang di group whatsapp akhirnya kesepakatannya kita akan meet up di Hanamasa Cibubur. Ja…

Alhamdulillah, Anak Lanang Sudah Sunat

Salah satu proses sakral dan dilakukan sekali seumur hidup bagi laki - laki adalah sunat atau khitan. Kebetulan saya punya anak lanang, pastinya harus siap menghadapi proses itu. Meskipun yang sunat anaknya, yang lebay dan deg - degan kok ya bundanya๐Ÿ˜.
Raihan minta sunat sebenarnya sudah dari kelas 1 SD kemarin pas usianya masih 6,5 tahun, tapi saya belum tega. Setelah dia naik kelas 2 SD dan masih tetep ngeyel minta sunat, akhirnya saya janjikan liburan semester 1 bulan desember 2017. Senang bukan main dia, sudah nanya -nanya terus kapan liburan. Semangat bukan main ingin sunat, mungkin karena beberapa teman di perumahan sudah pada sunat jadi dia tidak takut dengan istilah sunat itu.
Akhirnya desember 2017 kemarin kita mudik liburan di nganjuk, sekalian sunat di rumah Kakung. Sengaja memang saya sunat raihan di nganjuk, karena sudah lama dia tidak ketemu keluarga di Nganjuk dan Kediri. Tidak banyak persiapan yang saya lakukan, karena Ibu saya sudah cukup pengalaman nyunatin adek sa…

Family Gathering Alki Level 2 di Pondok Zidane

Week end kali ini kayaknya akan full buat Mas Raihan, karena kebetulan hari ini ada family gathering level 2 Sekolahnya dan besok mas raihan ikut di liga futsal AAFI.



Menyenangkan sih acara gathering family hari ini, banyak keluarga dari anak -anak level 2 yang hadir. Acara dilaksanakan di Pondok Zidane Sawangan Depok, dari jam 8 pagi - 2 siang. Kita datang terlambat karena berangkat mepet jam 8, alhamdulillah ga macet banget di jalan, karena memang sengaja ga pake mobil, enakan pake motor..wuss wuss wuss.

Area di pondok zidane cukup luas dengan fasilitas outbond yang lengkap.  Mulai dari kapal-kapalan, halang rintang, flying fox ada kolam renang juga, kalo ga salah mereka juga menyewakan becak mini dan mainan balon (yang 2 item ini kebetulan ga ada). Tempatnya pun bersih dan sejuk, cocok lah kalo untuk melepas penat sejenak. Ada game juga loh buat orang tua wali murid, seru..rame pisan. hehehe. Oh ya, tempat parkirnya juga luas..cukup untuk mobil dan motor.


Soal biaya masuk, berhubun…

Renang Seru dan Nyaman di Kolam Renang Paragon

Kesukaan anak - anak ketika hari libur salah satunya adalah berenang dengan ayah-nya, kalau bundanya cukup melihat dari tempat duduk (alias malas basah). Ada banyak tempat renang di Depok, tapi ayah dan raihan milihnya pasti yang itu - itu aja. Ada dua tempat renang yang menjadi pilihan kami, yaitu kolam renang paragon dan kolam renang matoa. Dua kolam renang itu letaknya di depok, karena memang kami juga tinggal di depok, jadi milihnya yang ga jauh - jauh dari rumah donk. Hehhehee
Saya beberapa kali ikut berenang ketika di  paragon dan bertahan sampai 3 jam. Saya merasakan 3 jam itu sudah lama sekali, eee ga tau-nya anak - anak malah bisa bertahan sampai 5 jam. Diajakin berhenti tidak mau, padahal sudah berenang mulai dari jam setengah delapan dan baru selesai jam setengah 1 siang. 
Apa sih yang membuat kami bisa nyaman renang di Paragon?
1. Tempatnya Adem karena Semi Indoor

Paragon adalah salah satu kolam renang dengan atap diatasnya. Jadi meskipun diluar panas cetar karena sinar m…

Rihlah di Taman Wisata Matahari

Kali ini saya menyebut acara wisata ini dengan  nama rihlah. Sebenarnya sama sih artinya, hanya beda-nya kalau rihlah dalam bahasa arab dan wisata dalam bahasa indonesia. Salah satu program liqo kami setiap tahunnya, yang bertujuan untuk tadabbur alam, mempererat ukhuwah dan membangun kebersamaan.
Rihlah ini diadakan hari rabu kemarin, dan saya baru sempat posting hari ini. Tujuan rihlah kami adalah ke taman wisata matahari di Puncak. Kedua kalinya saya mengunjungi tempat wisata taman matahari, setelah 10 tahun yang lalu. Sudah lama juga ya, dan memang terlihat sudah berubah banyak sekali. Mulai dari jalan masuk dan beberapa area yang kekinian.
Biaya masuk 45ribu karena peak sesion (hari libur anak sekolah), kalau hari biasa hanya 35ribu. Menurut saya cukup murah karena dengan 45ribu bisa menikmati terusan 5 wahana dengan gratis. Ada matahari water park (cukup besar dan lengkap dengan mainan perosotan), perahu karet, menara pandang matahari (mulai 1 april diganti perahu naga), funtas…