Skip to main content

Blog : Hobi atau Profesi

Judul saya di atas saya ambil dari diskusi yang baru saja saya hadiri. Hari sabtu kemarin saya meluangkan waktu untuk mengikuti diskusi "bergizi" dengan materi yang dibawakan oleh mba Mira Sahid, founder KEB (Komunitas Emak - emak Blogger). Kebetulan sudah lama saya ingin bertemu dan banyak belajar dari beliau. Selain bertemu mba Mira Sahid, di acara itu saya juga bertemu dengan teman - teman blogger yang sama - sama ingin menambah ilmu nge-blog seperti saya. Saling bertukar account media sosial dan mengobrol banyak hal tentang kegiatan masing -masing sebagai blogger yang masih belajar.
Waktu diskusi dari jam setengah dua siang sampai jam tiga sore (lebih 15 menit) sudah dengan tanya jawab,memang cukup singkat untuk materi ini. Tapi alhamdulillah meskipun waktu penyampaian cukup singkat, mba Mira menyampaikan poin - poin materi dengan padat dan jelas. 

Materi diawali dengan sejarah blog. Justin hall yang memulai website pribadinya tahun 1994, kemudian tahun 1997, weblog dibuat pertama kali oleh John Barger yang sekarang lebih dikenal dengan istilah blog. Materi itu juga mengenalkan saya pada Bapak Enda Nasution, Bapak Blogger Indonesia yang memulai mengenalkan blognya tahun 2001.

Materi selanjutnya adalah manfaat blog. Apa saja manfaat blog ?

  1. Menemukan passion / hobi. Blog membuat kita jadi suka menulis bahkan kita bisa menemukan bidang apa yang sebenarnya kita sukai yang akhirnya akan banyak kjta tulis di blog.
  2. Rekam / Jejak digital,sebagai warisan yang akan dibaca oleh anak - anak kita dan orang -orang yang mengenal kita 
  3. Peluang / profesi. Blogger belum bisa dikatakan profesi secara harfiah, namun banyak peluang menambah income daei menekuni blog.
  4. Menambah pengetahuan. Menulis di blog membuat kita juga ingin untuk belajar banyak hal yang bisa kita tuangkan di blog.
  5. Menumbuhkan semangat membaca. Biasanya kita butuh inspirasi dan sumber bahan tulisan, dan sebagian besar akan didapat dari membaca. 
  6. Personal branding. Blog yang kita punya akan menunjukkan seperti apa kita. Tulis yang baik dan tunjukkan siapa kita dari blog yang kita punya 
Blog yang kita punya juga perlu dimaintenance dan kita buat dengan tampilan yang bagus. Lalu bagaimana bentuk blog yang baik itu ? Bentuk blog harus memenuhi beberapa kriteria seperti ramah mata (sebisa mungkin hindari warna hitam), informatif, spesifik, personal, berguna dan unik. Dalam membuat blog juga beberapa kategori konten, antara lain: Parenting, beauty, traveling, fashion, food dan lifestyle. Saran dari mba Mira, untuk blog lebih baik jika dispesifik-kan pada 1 atau 2 kategori. Tapi apabila tulisan kita memang luas mungkin bisa masuk dalam kategori lifestyle.

Bagaimana dengan blog apakah sekedar hobi atau profesi?
Sebagai hobi atau passion, blog sangat membantu dalam self healing, membangun jaringan dan menambah teman juga wadah untuk eksistensi. Selain sebagai hobi, blog juga bisa menjadi profesi yang akan membantu untuk menambah income tambahan. Peluang - peluang yang bisa didapatkan dari menekuni blog adalah ketika kita mendapat job review (paid review), sebagai key opinion leader, buzzer, influencer, content creator dan blogpreneur.

Pada akhir diskusi mba Mira memberikan 3 pesan untuk para peserta diskusi yang membuat saya semakin semangat untuk ngeblog. Apa saja sih pesan- pesannya?
  1. Menulis saja dulu, sambil tetap berhati hati sebelum posting tulisan (thinking before posting). Selalu menjaga kualitas blog dan nama baik dari tulisan di blog.
  2. Bergabung dengan komunitas
  3. Tetaplah menulis karena dengan menulis kamu akan tahu siapa dirimu.
Apabila ketiga hal di atas konsisten kita penuhi, tidak menutup kemungkinan peluang akan semakin besar untuk menjadikan blog tidak hanya sekedar hobi tapi juga profesi.

Sedikit ya yang bisa aku share, semoga bermanfaat.

Depok, 26 Februari 2018

#ODOPbatch5
#onedayonepost

Comments

Popular posts from this blog

Pencairan BPJS Ketenagakerjaan di Depok

Hai, untuk tulisan pagi ini saya ingin berbagi pengalaman tentang pencairan BPJS Ketenagakerjaan khususnya di Kota Depok. Sudah pernah saya tulis di blog sebelumnya bahwa tahun kemarin tepatnya bulan juni saya resign, dan setelah melihat persyaratannya, kartu saya sudah bisa untuk diajukan pencairannya (kebetulan saya mencairkan di bulan desember). Alhamdulillah setelah saya cek di online account BPJS saya, jumlahnya cukup layak untuk saya perjuangkan pencairannya. Hahahaa...lebay, maklum mak mak😂.
Apa sih ketentuan dalam pencairan BPJS Ketenagakerjaan ?
Jarak pencairan dengan tanggal resign sudah lebih dari 1 bulan. Jadi kalo kamu baru resign kurang dari sebulan jangan buru buru mencairkan ya, nanti pasti akan ditolak.Sudah tidak aktif sebagai peserta PBJS ketenagakerjaan. Cek dulu ke Perusahaan apakah kartu kamu sudah di nonaktifkan oleh Perusahaan.

Apa saja dokumen yang harus dibawa?
Kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan asli dan fotocopySurat asli pengunduran diri dan foto copySura…

Club Taekwondo "O2TC" di Depok

Setelah di tulisan sebelumnya saya pernah menceritakan kegiatan raihan dan afifah yang salah satunya adalah taekwondo. Sekarang saya ingin menceritakan lebih detail tentang club tempat anak - anak latihan taekwondo yang bernama O2TC. Siapa tahu nanti ada ibu - ibu seperti saya yang ingin mencarikan tempat latihan taekwondo untuk anaknya dan searching di internet,  menemukan tulisan saya di blog ini dan bisa dijadikan referensi^^.

Tentang Club Taekwondo O2TC
O2TC ini berada di GOR Kesang, jalan Kalimantan Raya, Beji, Depok, tidak jauh dari SDIT Al Muqorrobin. Nama O2TC sendiri merupakan singkatan dari 2 nama sabeum-nya (sabeum : sebutan pelatih untuk taekwondo), Ochied dan Odie. Latihan dijadwalkan seminggu 2 kali yaitu hari selasa dan sabtu setiap jam 15.30 s.d jam 17.45 Wib untuk kelas reguler, sedangkan untuk kelas prestasi dari senin - sabtu tiap jam 19.00 - 21.00 Wib. 
Fasilitas dan Pengembangan
O2TC memiliki tempat latihan yang menurut saya sangat representatif dan layak untuk tae…

Kebersamaan dalam Arisan di Resto Khasanti Depok

Sabtu kemarin akhirnya bisa juga ikut bergabung di arisan yang rutin diadakan tiap bulan oleh Ibu - ibu murid kelas 1 Shafa SDIT Alharaki Depok. Biasanya saya selalu absen karena diadakannya bertepatan dengan jam kerja. Menyenangkan bisa ketemu dengan ibu - ibu teman-nya raihan, asyik - asyik dan langsung akrab meski hanya ketemu sekali.
Hari itu yang datang alhamdulillah 11 orang, dari 32 wali murid. Bersantap bersama, berdiskusi tentang hal - hal yang berhubungan dengan perpisahan kelas 1 shafa nanti, karena kebetulan sebentar lagi akan masuk tahun ajaran baru, yach 2 bulan lagi lah. Bercanda dan yang pasti bisa jadi tempat bisnis loh...saling order barang dagangan masing -masing. Seru deh^^

Acara arisan dilakukan di Resto Khasanti, familiy resto yang ada di Depok. Saya suka sekali dengan ornamen Belanda dan suasana di khasanti ini hommy - sejuk - segar, banyak pohon dan tanaman di sekitar, area-nya juga cukup luas. Menu yang disajikan dengan berbagai banyak pilihan, sayang saya lu…

Alhamdulillah, Anak Lanang Sudah Sunat

Salah satu proses sakral dan dilakukan sekali seumur hidup bagi laki - laki adalah sunat atau khitan. Kebetulan saya punya anak lanang, pastinya harus siap menghadapi proses itu. Meskipun yang sunat anaknya, yang lebay dan deg - degan kok ya bundanya😁.
Raihan minta sunat sebenarnya sudah dari kelas 1 SD kemarin pas usianya masih 6,5 tahun, tapi saya belum tega. Setelah dia naik kelas 2 SD dan masih tetep ngeyel minta sunat, akhirnya saya janjikan liburan semester 1 bulan desember 2017. Senang bukan main dia, sudah nanya -nanya terus kapan liburan. Semangat bukan main ingin sunat, mungkin karena beberapa teman di perumahan sudah pada sunat jadi dia tidak takut dengan istilah sunat itu.
Akhirnya desember 2017 kemarin kita mudik liburan di nganjuk, sekalian sunat di rumah Kakung. Sengaja memang saya sunat raihan di nganjuk, karena sudah lama dia tidak ketemu keluarga di Nganjuk dan Kediri. Tidak banyak persiapan yang saya lakukan, karena Ibu saya sudah cukup pengalaman nyunatin adek sa…

Resensi Buku "Habiskan Saja Gajimu"

Judul Buku         : Habiskan Saja Gajimu
Pengarang           : Ahmad Ghozali Penerbit               : Transmedia Tahun Terbit       : 2013 Tebal   Halaman : 174 halaman

Sinopsis Buku Buku ini membahas tentang bagaimana mengelola keuangan pribadi atau keluarga. Buku yang terlahir dari banyaknya pertanyaan tentang bagaimana cara menyisakan uang di akhir bulan. Bagaimana caranya agar bisa menabung atau berinvestasi dengan rutin dan sebagainya.
Banyak alasan yang dilontarkan untuk membenarkan ketika adanya persoalan uang seperti "kalau gaji saya lebih besar, tentunya masalah ini akan selesai" atau "kalau gaji saya sudah naik, baru deh saya bisa nabung dengan rutin. Banyak keluarga yang stress dalam mengatur keuangan mereka karena lebih sering tekor diakhir bulan ketimbang bersisa. Buku ini mencoba untuk mengurai masalah sebenarnya dalam pengelolaan keuangan. Apa tujuan sebenarnya dalam mengelola keuangan, sudah tepatkah atau malah salah selama ini. Tujuan kita mengelola uang…

Arisan Ceria di Hanamasa Cibubur

Meet up kami yang terjadi sebulan sekali ini adalah bagian dari kegiatan refreshing saya, melupakan sebentar kerjaan rumah yang rasanya tidak ada habisnya. Punya teman sesama mak - mak ceria yang tinggalnya juga sama-an area Depok dan Jakarta adalah salah satu kebahagiaan tersendiri buat saya. Komunikasi yang terjadi di group whatsapp akan kami jadikan nyata sebulan sekali sekaligus arisan yang satu orang 5 milyar (ini lebay maksimal).
Saya tidak pernah pergi sendiri, pasti tetap mengajak junior yang katanya  wajahnya secantik saya ( tidak boleh protes). Tidak mungkin juga saya tinggal di rumah, mana tega saya membiarkan kesayangan saya nangis kejer gara - gara ditinggal bundanya arisan. Alhamdulillah sejauh ini Afifah selalu manis menemani saya, dengan saya bawakan buku untuk menggambar dan sesekali melihat youtube litte pony dia akan tenang duduk di sampaing saya.
Setelah melalui diskusi yang panjang di group whatsapp akhirnya kesepakatannya kita akan meet up di Hanamasa Cibubur. Ja…

Komunitas ODOJ, Menguatkan Komitmen Untuk Bertilawah

Dari Abu Amamah ra, aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Bacalah Al Qur’an karena sesungguhnya ia akan menjadi syafa’at bagi para pembacanya di hari kiamat”( H.R Muslim )
Salah satu komunitas dari beberapa komunitas yang saya ikuti adalah ODOJ (One Day One Juz). Saya masuk di group ODOJ 3370, dengan admin group yang super kece, sabar sekali untuk selalu mereminder timnya, mengayomi pula^^. Sudah sekitar 3 tahun saya tergabung di dalamnya,  saya lupa tepatnya bulan apa saya bergabung. Alhamdulillah masih bertahan sampai hari ini, di sela naik turunnya semangat untuk tilawah dan menyelesaikan target 1 juz.
Saya menulis ODOJ di blog ini untuk berbagi dengan teman teman, mungkin ada yang belum tahu secara detail tentang komunitas ini. Siapa tau nanti ada berminat dan ikut tergabung dalam komunitas yang selalu mengingatkan kita untuk bertilawah dan mencintai Al quran^^. Beberapa kali saya mendengar dari beberapa orang, yang namanya ibadah itu disembunyikan, tidak perlu orang lain tahu, ja…

Tetap Syar'i, Modis dan Nyaman dengan Gamis Shafeeya

Setelah saya melahirkan afifah, berat badan saya naiknya ga kompromi, apalagi setelah saya pindah kerja dan selalu pulang pergi sama suami. Saya lebih banyak duduk daripada menggerakkan badan, bisa dibayangkan saya yang makannya banyak tapi kurang gerak, alhasil timbangan seaya selalu ke arah kanan dengan sukses.
Salah satu hal yang tidak mengenakkan ketika mempunyai berat badan di atas rata - rata, adalah disaat saya harus memilih baju yang sesuai dengan tubuh tetap nyaman dan tidak menimbulkan efek terlihat lebih gemuk, karena saya sudah gemuk,hehehe.Beberapa tahun belakangan ini saya lebih suka memakai gamis dan jilbab bergo lebar jika pergi kemana - mana, selain memang lebih syar'i juga lebih praktis. Saya bukan tipe orang yang suka belanja di mall,pasar atau toko baju ketika harus membeli baju, karena waktu saya tidak cukup untuk pergi dan milih baju yang suka. Saya suka belanja online, tapi beberapa kali saya beli gamis ternyata ukuran-nya tidak sesuai dengan tubuh saya. Ya…