Skip to main content

Ketika Malas Melanda...


"Malas adalah salah satu musuh terbesar dalam perjalanan hidup. Ketika tujuan selalu di dalam pikiran untuk dicapai, tapi raga seakan menolak untuk melakukan. Pada saat itulah, hati terus dihantui kegalauan. Kapan..sampai kapan...selalu akan seperti saat ini, tidak ada perubahan"


Siapa sih yang ga pengen berat badan proposional....?
Siapa sih yang ga pengen punya wajah glowing dan cerah? 
Semua saya pengen, Tapi.............ketika pengen hanya sekedar pengen :( :( :(
 
Hohohoho,. sebenarnya...saya hanya ingin menulis tentang keinginan saya untuk menurunkan berat badan dan mencerahkan wajah saya yang kian lama kian kusam, masalah yang buat beberapa orang sebenarnya hal simple banget, tapi saya-nya lebay...hehehhe. Sudah tiap hari pikiran - pikiran untuk diet dan perawatan selalu menganggu, tapi tidak ada action sekalipun, yang ada hanya perasaan galau...kapan semua akan bener - bener menjadi sebuah kenyataan tanpa harus ada excuse ini itu.

Kedua masalah ini sebenarnya sudah menjadi masalah rutin saya bertahun tahun. Beberapa kali semangat untuk mencoba well-being khususnya untuk perawatan diri saya, tapi banyak kandasnya hanya gara - gara tidak konsisten dan malas, yack...catat..malasssss. Malas bikin saya jadi ga konsisten, kemarin bisa seharian semangat 100% full untuk menjaga asupan kalori yang masuk...tapi hari ini belum juga pagi semua rencana yang telah disusun kandas ditengah jalan, hanya karena sepotong roti tawar yang di olesi mentega dan meses coklat. Setelah pagi gagal..maka bisa dipastikan siang sampai akan berantakan ga karu - karuan.

Ga jauh dari menjaga makanan, pun dengan olahraga. Aihhhh....ini mah impiannya aja bisa setengah jam sekedar jogging ditaman sambil menghirup udara segar. Yang ada hanya semangat beli sepatu dan baju olahraga, tapi kebanyakannya akan numpuk dengan manis dilemari, ga dipakai - pakai. Zumba dan yoga gratis yang di adakan di kantor pun cuman diikuti sekali, setelah alasan sana sini, sebagian syar'i sih...tapi lebih banyaknya hanya karena saya malas dan tidak konsisten.

Bercerita tentang masalah perawatan wajah juga, sudah banyak product saya coba. Dari mulai dokter, klinik kecantikan, beli krim - krim wajah kaya SK II atau juga rekomendasi dari...semuaaa sudah saya jalankan. Tapi itu semangatnya hanya diawal, setelahnya wassalam. Saya tetap akan kembali dengan kemalasan saya, pulang kantor masuk kamar mandi, cuci muka setelah itu mau mulai perawatan kaya cleaning toner dan krim malam...banyak lupanya, ke dokter pun jarang....Hiks, mau jadi apa pula aku ini.

Ada pada satu waktu saya ingin sekali cari ahli hipnotis untuk membuat saya hanya fokus ke perawatan diri, melupakan kemalasan. Sedemikian saya putus asa dengan kemampuan diri saya untuk mengatasi segala bentuk kemalasan. Akut...bener - bener akut, sampai saya pun ga tau harus bagaimana untuk bisa jadi konsisten untuk dua masalah luar biasa ini#ahh...saya mulai lebay. Tapi bener loh, sampai detik saya menulis ini pun saya masih mencoba meraba hati saya, apa sih sebenarnya yang saya mau itu, sampai kemalasan untuk mengatur gaya hidup dan peawatan wajah ini pun susah untuk saya hilangkan. Sampai kapan? terus kalo saya masih nanya ke orang lain, orang lain mau nanya ke siapa.

Jadi intinya.....saya sampai detik ini masih terus menerus menghalau kemalasan saya, mencari inti permasalahan dan mencari penyemangat untuk membuat saya jadi lebih disiplin dan konsiten dengan cita - cita saya. Ah apalah juga kalo masalah sebenarnya adalah pada mindset saya...mencoba menjadikan itu bukan hal rumit tapi perlu pelan - pelan menjadi kebiasan hidup yang berdampak pada "well-being" saya. Terus kesimpulanya apa ? ya sudah..jalani aja dengan tetap mencari formula terbaik untuk membentuk kebiasaan baik tiap saat. Tidak perlu terpaku pada satu tujuan, tapi fokus pada tiap perubahan kebiasaan hidup yang lebih baik. 3 hal sihhhh menurut aku, berdoa, lawan kemalasan itu dan terus banyak menambah ilmu - ilmu baru untuk memberi semangat baru juga. Mudah???? tetap aja sulit....hahaha. Tapi selalu semangaaattttt^^


Comments

Helena said…
eh sama banget. Aku tuh kadang semangat banget di awal trus lama-lama sirna. Itu sih karena motivasinya kurang kuat. Jadi aku mikir lagi kenapa harus melakukan hal itu supaya semangat kembali membara
Selalu mencoba memunculkan semangat yaaaaaa....semoga selalu bisa konsisten..hehehee. salam kenal mba^^

Popular posts from this blog

Alhamdulillah, Anak Lanang Sudah Sunat

Salah satu proses sakral dan dilakukan sekali seumur hidup bagi laki - laki adalah sunat atau khitan. Kebetulan saya punya anak lanang, pastinya harus siap menghadapi proses itu. Meskipun yang sunat anaknya, yang lebay dan deg - degan kok ya bundanya😁.
Raihan minta sunat sebenarnya sudah dari kelas 1 SD kemarin pas usianya masih 6,5 tahun, tapi saya belum tega. Setelah dia naik kelas 2 SD dan masih tetep ngeyel minta sunat, akhirnya saya janjikan liburan semester 1 bulan desember 2017. Senang bukan main dia, sudah nanya -nanya terus kapan liburan. Semangat bukan main ingin sunat, mungkin karena beberapa teman di perumahan sudah pada sunat jadi dia tidak takut dengan istilah sunat itu.
Akhirnya desember 2017 kemarin kita mudik liburan di nganjuk, sekalian sunat di rumah Kakung. Sengaja memang saya sunat raihan di nganjuk, karena sudah lama dia tidak ketemu keluarga di Nganjuk dan Kediri. Tidak banyak persiapan yang saya lakukan, karena Ibu saya sudah cukup pengalaman nyunatin adek sa…

Komunitas ODOJ, Menguatkan Komitmen Untuk Bertilawah

Dari Abu Amamah ra, aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Bacalah Al Qur’an karena sesungguhnya ia akan menjadi syafa’at bagi para pembacanya di hari kiamat”( H.R Muslim )
Salah satu komunitas dari beberapa komunitas yang saya ikuti adalah ODOJ (One Day One Juz). Saya masuk di group ODOJ 3370, dengan admin group yang super kece, sabar sekali untuk selalu mereminder timnya, mengayomi pula^^. Sudah sekitar 3 tahun saya tergabung di dalamnya,  saya lupa tepatnya bulan apa saya bergabung. Alhamdulillah masih bertahan sampai hari ini, di sela naik turunnya semangat untuk tilawah dan menyelesaikan target 1 juz.
Saya menulis ODOJ di blog ini untuk berbagi dengan teman teman, mungkin ada yang belum tahu secara detail tentang komunitas ini. Siapa tau nanti ada berminat dan ikut tergabung dalam komunitas yang selalu mengingatkan kita untuk bertilawah dan mencintai Al quran^^. Beberapa kali saya mendengar dari beberapa orang, yang namanya ibadah itu disembunyikan, tidak perlu orang lain tahu, ja…

Komunitas ODOP : Ketika Menulis Bukan Hanya Sekedar Hobi

Hampir 5 minggu saya bergabung dengan Group ODOP (One Day One Post) Batch 5, dan saya tidak menyangka bisa tetap bertahan sampai detik ini. Awalnya dulu saya ragu, apakah saya bisa melewati tantangan untuk menulis tiap hari. Alhamdulillah saya bisa sampai hari ini, meskipun ada kalanya tulisan saya alakadarnya demi saya bisa memenuhi kewajiban saya.
Lalu, apakah bergabung dalam komunitas ODOP ini hanya sekedar memenuhi target menulis dan post di blog tiap hari? Jawabannya tidak. Banyak hal yang saya dapat selama saya bergabung di komunitas ODOP dan masuk dalam group BUMI. Menulis akhirnya bukanlah sekedar hobi, karena banyak hal yangsedikit demi sedikit didapat dari materi yang disampaikan dan dikusi yang  terjadi. 
Seru loh bisa bergabung dalam komunitas ini. Ada yang tertarik untuk bergabung dalam batch selanjutnya? Mungkin bisa baca - baca tulisan saya lebih detail tentang ODOP di bawah ini ya.
Apa sih komunitas ODOP itu?
Komunitas One Day One Post didirikan oleh Bang Syaiha pada t…

Sepatu kesayangan untuk Kaki Boros

Wahh..gaya ini ya aku malam - malam nulis tentang sepatu kesayangan. Penting gitu ya? Kalo menurutku sih penting soal per-sepatu-an, mengingat banyak aktifitas yang harus aku lakukan dengan berjalan, naik ojek, naik KRL atau naik angkot. Otomatis perlu pijakan yang nyaman dan awet untuk bisa membawaku kemana saja. Oh ya, soal istilah kaki boros...itu sebutan untuk kakiku sendiri , yang suka bikin sepatu - sepatuku jaman dulu cepat rusak, ga tau lah aku, sebenarnya sepatunya yang bermasalah atau memang kaki-ku yang suka gigit.

Sampai pada suatu ketika, akhirnya aku bisa menemukan sepatu kesayangan, yang awet dipakai hampir 3 tahun dan sampai sekarang masih bisa aku pakai dengan kondisi bagus. Pilihanku jatuh ke sepatu sport,merk sepatunya skechers, beli di sport station pada saat itu. 
Kenapa memilih Skechers ? Modelnya simple, banyak pilihan yang tidak bertali, warna warna pilihannya ga go jreng sesuai selerakuAlasnya empuk, enak dibuat jalan,dijamin ga capek telapak kakinya meski dib…

Kegiatan Positif untuk Anak - anak

Tugas Ibu itu salah satunya harus siap menjadi konsultan untuk anak anak sekaligus pengawal mereka untuk segala kegiatan baik di sekolah ataupun di luar sekolah. Saya merasakan sekali betapa peran saya untuk bisa mengarahkan, memotivasi dan mendampingi anak anak sangat diperlukan. Khusus untuk Ibu bekerja tetap bisa mengontrol segala kegiatan anak juga kok...sudah ada fasilitas komunikasi yang canggih, intinya lebih pada kualitas bukan sekedar kuantitas.
Setelah resign memang full waktu saya untuk anak - anak. Sehingga saya bener bener mengikuti setiap kegiatan mereka dari A-Z, kecuali mereka di sekolah ya. Mulai dari bangun tidur sampai tidur malam hari^^.
Saya cerita tentang raihan dulu. Dia sekolah dari jam 7 - 2 siang, sampai rumah jam 3 sore karena pakai mobil jemputan. Setelah pulang sekolah, bersih bersih dan sholat ashar, langsung cuss main sama teman temannya sampai menjelang maghrib. Dulu sempat 1 tahun setiap maghrib sampai jam 8 malam ikut kelas mengaji di masjid dekat ru…

Tips Interview untuk Fresh Graduate

Sudah lama saya ingin menulis tentang ke-HRD-an. Rutinitas pekerjaan yang sudah saya tinggalkan sejak 7 bulan yang lalu. Kangen sih kadang - kadang, tapi saya memang belum ada keinginan bekerja kantoran lagi, belum tau sampai kapan. Jadi mending saya tuliskan sesuatu yang saya ingat, yang mungkin bisa dibaca dan bermanfaat untuk orang lain.

Bekerja di bidang HRD khususnya menangani rekrutment dan talent management itu pasti tidak akan pernah lepas dari kegiatan sortir cv lamaran pekerjaan dan interview calon karyawan,selain pekerjaan lainnya yang saya rasa lebih ribet dari ini. Perusahaan saya bekerja kebetulan bergerak di bidang agency dan digital, dan selalu saja ada kebutuhan karyawan baru, mengingat tingginya turn over (banyak perusahaan digital yang sedang bertumbuh dan membutuhkan karyawan baru) dan bajak membajak talent antar perusahaan.
Ketika tau saya bekerja di bidang Human Resources, beberapa teman yang mau interview atau saudaranya diundang untuk interview biasanya menyemp…

Pencairan BPJS Ketenagakerjaan di Depok

Hai, untuk tulisan pagi ini saya ingin berbagi pengalaman tentang pencairan BPJS Ketenagakerjaan khususnya di Kota Depok. Sudah pernah saya tulis di blog sebelumnya bahwa tahun kemarin tepatnya bulan juni saya resign, dan setelah melihat persyaratannya, kartu saya sudah bisa untuk diajukan pencairannya (kebetulan saya mencairkan di bulan desember). Alhamdulillah setelah saya cek di online account BPJS saya, jumlahnya cukup layak untuk saya perjuangkan pencairannya. Hahahaa...lebay, maklum mak mak😂.
Apa sih ketentuan dalam pencairan BPJS Ketenagakerjaan ?
Jarak pencairan dengan tanggal resign sudah lebih dari 1 bulan. Jadi kalo kamu baru resign kurang dari sebulan jangan buru buru mencairkan ya, nanti pasti akan ditolak.Sudah tidak aktif sebagai peserta PBJS ketenagakerjaan. Cek dulu ke Perusahaan apakah kartu kamu sudah di nonaktifkan oleh Perusahaan.

Apa saja dokumen yang harus dibawa?
Kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan asli dan fotocopySurat asli pengunduran diri dan foto copySura…

Aku Harus Selalu Belajar Mencintai"mu"

Tiap hari aku bersamamu
Meskipun hanya sejam bahkan kadang kurang Itupun karena ada kewajiban untuk bersamamu Belum karena aku benar benar mencintaimu
Kenapa aku merasa aku belum mencintaimu Karena mencintai berarti memahami Karena mencintai adalah menghayati setiap kebersamaan Dan kesalahanku...aku belum merasakan itu
Aku salah...sangat salah Seharusnya kewajibanku bukan hanya bersamamu... Tapi juga mencintaimu Dan sampai hari ini bersamamu, hanya sekedar memenuhi target harianku
Tidak boleh begini terus Aku harus mulai mencintaimu Mencintai sepenuh hatiku Memahami setiap isi dan menghayatimu Membacamu dengan tartil dan tanpa terburu buru Bahkan menghafal setiap isimu

Kamu adalah pedomanku Kitab suci yang Allah turunkan sebagai pedoman hidupku Pedoman hidup untuk menjalankan agamaku sebaik baiknya Karena dengan mencintaimu, itulah bukti kecintaanku pada Allah dan Rasulullah
Semoga Allah selalu mengampuni dosa dosaku. Amiin.




#Onedayonepost #ODOPbatch5