Skip to main content

Ngolshop.."Antara hobi shopping dan jualan"

Iyap....kalo udah mulainya dengan kata iyappp, berarti lagi semangat, meski mual masih dikit2....hihihi

Sudah sejak bulan maret 2011 saya mencoba di dunia baru yang ternyata mengasyik-kan dan skrg lagi booming, menjamur dimana mana...OL-SHOP, hehehehe. Berawal dari coba - coba karena punya temen yang jualan di fb, dan saya banyak beli ke dia...xixixixi, otomatis saat itu itungan2 mulai berjalan, wah...kalo beli 1 harga 55ribu, tapi kalo beli banyak bisa dapet harga 30ribu, itang itung itang itung, lumayan lohh, temenku 1 pcs bisa untung 20 - 35ribu...ck ck ck (meskipun pas jualan beneran, saya sangat jarang ngambil untung sebanyak itu), akhirnya...taraaaa..saya pun berkeinginan buat beli banyak trus dijual lagi. Hunting FB, lirak lirik olshop tetangga di FB...ketemulah nama "Arinda Aigi W"...jualan baju renang muslimah dan earpick serta produk2 lainnya. Liat harga earpick yg cuman 15ribu/pcs, dan saat itu saya hanya punya modal 200ribu:D, akhirnya bunda beranikan message mba arin..
saya : " Mba, kalo mau dijual lagi, earpick hrs beli brapa trus harga brapa ya"
mba arin : "Boleh, harga blablabla, minimal blablabla"
saya : oke dehhh......ak ambil ya mba:) (berharap akan segera laku, karena modal pas-pas an"
mba arin : alamat lengkap ya?
saya : Bla bla bla, ragunan, jaksel (Waktu itu bunda masih kontaktor dan blum punya rumah sendiri"
mba arin : oke total xxxxxxx, transfer ke xxxxx

Alhamdulillah deal transaksi, bunda ke atm dan transfer sejumlah uang dengan modal kepercayaan:D. Sip, selesai deh.....tinggal nunggu barang dikirim. Malamnya, saya upload satu barang jualan itu ke FB, plus karena mba arin jual baju renang dan boleh DS (dropship), akhirnya bunda coba juga pasang baju renang, siapa tau ada yg minat. Alhamdulillah...rezeki dari Allah, besoknya ada sms masuk, buyer pertama saya namanya mba ninik ika, orang lampung "mba, mau dong aerpicknya, kalo ambil banyak berapa"..deal (dengan rasa dihati yang tidak bisa tergambarkan)...akhirnya laku 6 pcs dari 12 pcs..trus tetangga ada yg ambil, temen kantor juga....dalam 2 hari bisa balik modal plus untung yg ga banyak tapi alhamdulillah bisa nambahin modal:D. Baju renang juga mulai ada yg nglirik, dan sedikit demi sedikit udah mulai ada yang tau kalo saya jualan...*thanks to mba arin dan nana (temen yang udah memperkenalkanku di dunia olshop) "

Modal akhirnya bunda puter lagi dan ada rezeki dikit buat nambah jualan, akhirnya saya beli 1 set topbaby hat (isi 13pcs) dan legging busha (12pcs), total kulakan sekitar 600ribu:), dan langsung di pasang di fb....alhamdulillah....ga ada 2 jam, ada yg sms, message di inbox nanya jualan saya...beberapa hari barang saya laku deh (neski saat itu ada pengalaman pertama saya yang ga mengenakkan, cause barang yg saya pesan aslinya ga sebagus gambarnya, dan demi memuaskan pelanggan, saya kasih diskon dan ngambil margin dikittttt banget daripada buyer kecewa, he he he),. Oh ya yg beli pas itu buyer dari makassar yang sampai sekarang setia jadi pelanggan bunda dan tetangga temen yg liat fb saya dari temen:D....plus tetangga juga ikut nglirik, juga temen smu dan temen kuliah....sms2, inbox fb, bbm yg nanya jualan meski akhirnya ga jadi pun bikin saya semangat untuk trus nambah jualan:), prinsip saya saat itu margin dikit gpp yang penting muter^^ dan pelanggan puas dengan pelayanan olshop bunda.

Awal2 jualan emang agak ribet, manajemen waktu lum bagus, masih bingung soal packing, kirim ke jne juga dll, alhamdulillah suami ngedukung banget kegiatan saya. Dan point penting, saya harus bisa bagi waktu antara kerjaan kantor dan jualan ini, terutama tetep yang paling penting adalah raihan dan rumah. Tapi lama2 saya mulai belajar untuk manajemen waktu, packing yang bagus dan kirim barang tanpa hrs ganggu kerjaan kantor saya dan suami:). Sebulan kemudian, saya menemukan nama olshop dan mulai bikin kartu nama, jualan saya juga udah mulai beragam yang tetep fokus di baby n kids stuff. Kifalfhad's kids shop, itu nama yang saya pilih untuk olshop, singkatan dari kifty dan alfadhil (nama tengah raihan), suami ngalah ya namanya ga masuk...hihihihi:D. sampe sekarang nama itu masih saya pake, dan menemani perjalanan bunda sedikit demi sedikit membangun olshop ini. Mungkin sampe detik ini bunda masih belum full untuk menjalaninya krn waktu masih terbagi dengan kerjaan kantor, catatan keuangan masih amburadul, tapi saya bersyukur olshop masih bertahan dengan pelanggan yang semakin banyak. Pelanggan2 yang begitu baik dan tidak hanya sekedar hubungan "pembeli dan penjual", tapi banyak yg akhirnya jadi teman curhat, teman main juga..hehehehhe.

Semenjak hamil anak kedua ini saya mulai menurunkan ritme jualan, takut kecapek'an...karena kebetulan kerjaan di kantor pas lagi banyak2nya. Tapi karena banyak buyer yang nanya2 jualan , order barang2 yang belum saya stock, dan semangat dari temen2 olshop yg lain (nandrina group is the best)...akhirnya saya mulai stock barang2 lagi...^^. meski ga sebanyak dulu, tapi masih terus muter dan ga sampe numpuk di box..he he he.

Berharap smoga saya bisa full disini, bersyukur bunda mengenal dunia ini dan menjadi batu pijakan bunda jikalau nanti ada jalan dari Allah untuk jadi ftm, krn memang working mom's sampai saat ini masih saya pilih karena banyaknya pertimbangan yang menurut bunda sangat penting:).

Thanks buat teman2 yang selalu menyemangati saya temen2 olshop yang selalu berbagi info suplier dan produk terbaru....buat pelanggan2 saya yang tidak hanya sekedar pembeli tapi juga teman2 yang menyenangkan^^. Thanks terdalam untuk suami dan makmi (pengasuh raihan) yang selalu siap sedia saat bunda butuh bantuan buat kirim dan packing^^. It's Amazing..saya bersyukur bisa ada dalam dunia "per-olshop-an  ini....:)"





Comments

Mrs.Khakim said…
sukses ya buat bisnisnya
dirimu jugahhhhh, sukses yachhh...eeehh kalo ada daster batik lucu2 inpo2 yaa...ak lagi nyari ini:D, lebih enak kaya'nya kalo beli ditemen sndiri...xixixiixi.....
Mrs.Khakim said…
hehehe aku ga jualan baju say aku lebih suka sebagai pembeli aja :))
emang disini lautan batik smuanya ada, ayo maen ke pekalongan aja tar aku ajakin muter2 mpe telerrrrrr borong batik

Popular posts from this blog

Digitalizing Your Self : Need4Speed, Mdmedia4nniversary

"Transformasi digital akan terus membawa dunia pada sebuah inovasi dari waktu ke waktu. Tranformasi diri ke arah digital pun akan menjadi harga mati. Eksis untuk terus berkembang mengikuti kemajuan atau kita akan tenggelam tergerus oleh zaman"

Bekerja di sebuah Perusahaan Digital selama kurang lebih 4 tahun membuat saya begitu familiar dengan segala hal terkait digital lifestyle. Saya selalu diingatkan bahwa saat ini inovasi - inovasi di dunia digital sudah sedemikian pesatnya, tidak hanya pada productnya tapi juga dalam segala aspek pendukung untuk bisa menjadikan product itu bisa dikenal oleh pasar. Mau tidak mau, saya juga selalu dituntut untuk selalu mengikuti trend digital, bukan hanya dari sisi sosial media yang bergaya ringan seperti instagram, path, facebook atau linkedin, tapi juga bagaimana belajar memanfaatkan aplikasi sehingga bisa menjadi salah satu media untuk meningkatkan personal branding saya,baik yang berhubungan dengan karir atau jika suatu saat nanti ingi…

Kenyamanan itu di hati....^_^

Tiba - tiba terinspirasi menulis tentang kenyamanan......setelah bertahun - tahun mencoba menemukan arti nyaman sebenarnya di hati...he he he

Menjadi ibu rumah tangga adalah profesiku dan wanita karier adalah sampinganku dengan tetap menjaga prinsip profesionalisme, begitulah ak menyebut diriku. Aku tidak ambisi untuk sukses di dunia karier karena aku menganggap kesuksesan terbesarku adalah saat aku bisa menjadi ibu yang hebat buat raihan dan istri yang shalehah buat mas bagus,dan ak ingin melakukan sebaik - baiknya apa yang sudah menjadi tanggungjawabku, baik di rumahtanggaku atau di lingkungan kantorku. Aku bekerja  karena memang ada sebuah cita - cita yang ingin kami raih berdua demi kami , raihan dan orang tua....alhamdulillah, selama ak masih bisa menghandle semua, ak akan menjalani ini semua dengan berusaha nyaman^_^.

Allah begitu mempermudah jalan kami setelah menikah. Bersyukur punya suami yang begitu sabar dan mendukung semua kegiatanku, Ridho-nya untukku membuatku semakin te…

Say...Alhamdulillah

Bismillah...

Alhamdulillah Ya Rabb..senyum itu masih tersungging di bibirku, hati ini terasa lebih yakin dan tenang dalam melangkah saat aku dekat pada-MU..

Aku tidak perlu sedih dan sakit dengan semua keputusanku ini, dengan semua yang telah terjadi. Karena aku yakin ini adalah teguran dari-MU ya Rabb, ENGKAU masih sangat menyayangiku, ENGKAU telah menyelamatkan aku dari hal-hal yang membuatku jauh dari-MU, ENGKAU yang melepaskan semua beban dari hatiku, ENGKAU telah menunjukkan kebenaran atas apa yang tidak aku ketahui, ENGKAU yang menyadarkan bahwa yang menurutku baik ternyata hanyalah nafsu duniaku, ENGKAU yang Maha Tau bagaimana membuatku bisa menjadi lebih baik, ENGKAU telah menegurku dan membangunkan dari tidur panjangku..

Kebahagiaan yang aku rasakan kemarin hanyalah semu, aku terlena dengan "kemanisan" dunia, terhanyut oleh suasana yang membuatku jauh dari-MU...Aku bersyukur dengan semua itu, aku bersyukur pernah merasakan hal itu, karenanya aku tau kekurangan sifatku …