Skip to main content

Belajar dari Pilihan Hidup Pemeran Dilan "Iqbaal Ramadhan"

Duh..diriku belum bisa move on dari film Dilan loh..baper sama romantisme-nya. Ah...terserah sih mau di bilang mak mak alay...yang penting diriku bahagia😁.

Eits..tapi aku sedang tidak ingin menulis tentang kebaperan yang kemarin sempat berhari hari menyerang, sampai suami pun aku panggil Dilan di whatsapp. Untung dia memahami istrinya dan selalu kasih kecupan setiap kali aku panggil "dilaaaaan"😂😂. 

Terus mau nulis tentang apa?

Yack...saya tetiba mikir tentang iqbaal, si pemeran Dilan. Tentang keputusannya untuk meninggalkan Indonesia demi sekolah karena mendapatkan beasiswa di United World College (UWC), New Mexico, Amerika Serikat. Dimana saat itu karirnya sebagai artis sedang melejit dengan CJR-nya plus film yang selesai di kerjakan (Ada Cinta di SMA). Bukankah itu pilihan yang tidakmudah, ketika banyak kegiatan dan hingar bingar keartisan tapi dia memilih untuk mengikuti tes beasiswa sampai akhirnya lolos.

Lalu apa hubungannya dengan rezeki?

Kalo dipikir secara logis, saat itu dia jauh dari Indonesia dan sama sekali tidak berpikir untuk casting film, syuting atau konser musik bareng group CJR-nya (yang saat ini sudah "bubar"), otomatis kesempatan dia untuk tenar, menerima tawaran dilayar kaca atau bertemu dengan fans - fansnya sangat berkurang. Tapi itulah rezeki, di luar kuasa manusia. Tetiba dia ditawari main film, tanpa casting, dan dia adalah pilihan langsung dari penulis novel terkenal "Dilan1990", Ayah Pidi Baiq. Salutnya lagi, pihak produser filmpun sampai rela menunggu proses syuting dilakukan ketika iqbaal libur sekolah. Sekarang filmnya bisa masuk box office loh...belum selesai penayangannya di bioskop, masih 18 hari sudah 5 juta penontin aja (bayangin berapa keuntungan dari film ini).

Apa yang bisa saya pelajari?

Tidak perlu takut kehilangan rezeki atau materi ketika mengambil keputusan sesuatu meskipun mengorbankan materi dan karir saat ini.

Itu baru iqbaal yang memilih sekolah terus dapat kesempatan yang begitu besar,  apalagi jika keputusan itu diniatkan untuk ibadah, hanya karena Allah, pastilah poin plus plus yang didapat, ya dunia-nya, ya akhiratnya. Semoga Iqbaal sama ya niatnya, karena Allah ( ga berani kasih conclusion kalo ini).

Betapa dengan mudah Allah maha kuasa mengatur rezeki, jodoh dan hidup seseorang. Iqbaal yang rela memilih sekolahnya daripada "karir artisnya", akhirnya tanpa iqbaal harus "ngoyo mencari",  ketenaran itu dia dapat plus dengan materi dari film yang ditawarkan untuknya. Akhirnya dia dapat dua duanya, impiannya untuk tetap sekolah di sekolah terbaik di dunia dan juga berhasil dalam "keartisannya".

Apalagi jika kita meninggalkan sesuatu karena Allah....dan memilih jalan yang Allah sukai, insyaAllah tidak ada yang perlu kita takutkan bukan^^....Allah selalu bersama kita..


#ODOPbatch5
#Onedayonepost


Comments

Anonymous said…
Sy kurang sepakat jika dianalogikan dg iqbal mba..jika analoginya artis yg hijrah namun tetap dpt rezeki mungkin lebih ngena.. tiap orang beda pendapat sih ya.. hhe
Yg penting tetap semangat nulis mba
Isnania said…
This comment has been removed by the author.
Isnania said…
Iya Mbak, rezeki udah ada yang ngatur, tinggal bagaimana cara manusia menjemputnya.
Terimakasih Mbak.
Jangan pernah berhenti menebar kebaikan lewat tulisannya ya Mbak ^_^
This comment has been removed by the author.
@anynomous : hehee..saya mikirnya kenapa takut dengan rezeki, kalo iqbaal aja yg main film "Dilan" yg katanya ga islami, aja bisa Allah mudahkan meski sbnrnya dia lebih mikir sekolahnya. Apalagi yg berhijrah di Jalan Allah^^. Seharusnya malah ga usah takut ya^^. coba tuliaan aku dimaknai dari sisi lain^^...makasih masukannya ya^^
@mba isnania : makasih semangatnya mba^^
Rusdi 07 said…
Tulisannya keren.

Popular posts from this blog

Club Taekwondo "O2TC" di Depok

Setelah di tulisan sebelumnya saya pernah menceritakan kegiatan raihan dan afifah yang salah satunya adalah taekwondo. Sekarang saya ingin menceritakan lebih detail tentang club tempat anak - anak latihan taekwondo yang bernama O2TC. Siapa tahu nanti ada ibu - ibu seperti saya yang ingin mencarikan tempat latihan taekwondo untuk anaknya dan searching di internet,  menemukan tulisan saya di blog ini dan bisa dijadikan referensi^^.

Tentang Club Taekwondo O2TC
O2TC ini berada di GOR Kesang, jalan Kalimantan Raya, Beji, Depok, tidak jauh dari SDIT Al Muqorrobin. Nama O2TC sendiri merupakan singkatan dari 2 nama sabeum-nya (sabeum : sebutan pelatih untuk taekwondo), Ochied dan Odie. Latihan dijadwalkan seminggu 2 kali yaitu hari selasa dan sabtu setiap jam 15.30 s.d jam 17.45 Wib untuk kelas reguler, sedangkan untuk kelas prestasi dari senin - sabtu tiap jam 19.00 - 21.00 Wib. 
Fasilitas dan Pengembangan
O2TC memiliki tempat latihan yang menurut saya sangat representatif dan layak untuk tae…

Pencairan BPJS Ketenagakerjaan di Depok

Hai, untuk tulisan pagi ini saya ingin berbagi pengalaman tentang pencairan BPJS Ketenagakerjaan khususnya di Kota Depok. Sudah pernah saya tulis di blog sebelumnya bahwa tahun kemarin tepatnya bulan juni saya resign, dan setelah melihat persyaratannya, kartu saya sudah bisa untuk diajukan pencairannya (kebetulan saya mencairkan di bulan desember). Alhamdulillah setelah saya cek di online account BPJS saya, jumlahnya cukup layak untuk saya perjuangkan pencairannya. Hahahaa...lebay, maklum mak mak😂.
Apa sih ketentuan dalam pencairan BPJS Ketenagakerjaan ?
Jarak pencairan dengan tanggal resign sudah lebih dari 1 bulan. Jadi kalo kamu baru resign kurang dari sebulan jangan buru buru mencairkan ya, nanti pasti akan ditolak.Sudah tidak aktif sebagai peserta PBJS ketenagakerjaan. Cek dulu ke Perusahaan apakah kartu kamu sudah di nonaktifkan oleh Perusahaan.

Apa saja dokumen yang harus dibawa?
Kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan asli dan fotocopySurat asli pengunduran diri dan foto copySura…

Kebersamaan dalam Arisan di Resto Khasanti Depok

Sabtu kemarin akhirnya bisa juga ikut bergabung di arisan yang rutin diadakan tiap bulan oleh Ibu - ibu murid kelas 1 Shafa SDIT Alharaki Depok. Biasanya saya selalu absen karena diadakannya bertepatan dengan jam kerja. Menyenangkan bisa ketemu dengan ibu - ibu teman-nya raihan, asyik - asyik dan langsung akrab meski hanya ketemu sekali.
Hari itu yang datang alhamdulillah 11 orang, dari 32 wali murid. Bersantap bersama, berdiskusi tentang hal - hal yang berhubungan dengan perpisahan kelas 1 shafa nanti, karena kebetulan sebentar lagi akan masuk tahun ajaran baru, yach 2 bulan lagi lah. Bercanda dan yang pasti bisa jadi tempat bisnis loh...saling order barang dagangan masing -masing. Seru deh^^

Acara arisan dilakukan di Resto Khasanti, familiy resto yang ada di Depok. Saya suka sekali dengan ornamen Belanda dan suasana di khasanti ini hommy - sejuk - segar, banyak pohon dan tanaman di sekitar, area-nya juga cukup luas. Menu yang disajikan dengan berbagai banyak pilihan, sayang saya lu…

Alhamdulillah, Anak Lanang Sudah Sunat

Salah satu proses sakral dan dilakukan sekali seumur hidup bagi laki - laki adalah sunat atau khitan. Kebetulan saya punya anak lanang, pastinya harus siap menghadapi proses itu. Meskipun yang sunat anaknya, yang lebay dan deg - degan kok ya bundanya😁.
Raihan minta sunat sebenarnya sudah dari kelas 1 SD kemarin pas usianya masih 6,5 tahun, tapi saya belum tega. Setelah dia naik kelas 2 SD dan masih tetep ngeyel minta sunat, akhirnya saya janjikan liburan semester 1 bulan desember 2017. Senang bukan main dia, sudah nanya -nanya terus kapan liburan. Semangat bukan main ingin sunat, mungkin karena beberapa teman di perumahan sudah pada sunat jadi dia tidak takut dengan istilah sunat itu.
Akhirnya desember 2017 kemarin kita mudik liburan di nganjuk, sekalian sunat di rumah Kakung. Sengaja memang saya sunat raihan di nganjuk, karena sudah lama dia tidak ketemu keluarga di Nganjuk dan Kediri. Tidak banyak persiapan yang saya lakukan, karena Ibu saya sudah cukup pengalaman nyunatin adek sa…

Komunitas ODOP : Ketika Menulis Bukan Hanya Sekedar Hobi

Hampir 5 minggu saya bergabung dengan Group ODOP (One Day One Post) Batch 5, dan saya tidak menyangka bisa tetap bertahan sampai detik ini. Awalnya dulu saya ragu, apakah saya bisa melewati tantangan untuk menulis tiap hari. Alhamdulillah saya bisa sampai hari ini, meskipun ada kalanya tulisan saya alakadarnya demi saya bisa memenuhi kewajiban saya.
Lalu, apakah bergabung dalam komunitas ODOP ini hanya sekedar memenuhi target menulis dan post di blog tiap hari? Jawabannya tidak. Banyak hal yang saya dapat selama saya bergabung di komunitas ODOP dan masuk dalam group BUMI. Menulis akhirnya bukanlah sekedar hobi, karena banyak hal yangsedikit demi sedikit didapat dari materi yang disampaikan dan dikusi yang  terjadi. 
Seru loh bisa bergabung dalam komunitas ini. Ada yang tertarik untuk bergabung dalam batch selanjutnya? Mungkin bisa baca - baca tulisan saya lebih detail tentang ODOP di bawah ini ya.
Apa sih komunitas ODOP itu?
Komunitas One Day One Post didirikan oleh Bang Syaiha pada t…

Arisan Ceria di Hanamasa Cibubur

Meet up kami yang terjadi sebulan sekali ini adalah bagian dari kegiatan refreshing saya, melupakan sebentar kerjaan rumah yang rasanya tidak ada habisnya. Punya teman sesama mak - mak ceria yang tinggalnya juga sama-an area Depok dan Jakarta adalah salah satu kebahagiaan tersendiri buat saya. Komunikasi yang terjadi di group whatsapp akan kami jadikan nyata sebulan sekali sekaligus arisan yang satu orang 5 milyar (ini lebay maksimal).
Saya tidak pernah pergi sendiri, pasti tetap mengajak junior yang katanya  wajahnya secantik saya ( tidak boleh protes). Tidak mungkin juga saya tinggal di rumah, mana tega saya membiarkan kesayangan saya nangis kejer gara - gara ditinggal bundanya arisan. Alhamdulillah sejauh ini Afifah selalu manis menemani saya, dengan saya bawakan buku untuk menggambar dan sesekali melihat youtube litte pony dia akan tenang duduk di sampaing saya.
Setelah melalui diskusi yang panjang di group whatsapp akhirnya kesepakatannya kita akan meet up di Hanamasa Cibubur. Ja…

Ngolshop.."Antara hobi shopping dan jualan"

Iyap....kalo udah mulainya dengan kata iyappp, berarti lagi semangat, meski mual masih dikit2....hihihi
Sudah sejak bulan maret 2011 saya mencoba di dunia baru yang ternyata mengasyik-kan dan skrg lagi booming, menjamur dimana mana...OL-SHOP, hehehehe. Berawal dari coba - coba karena punya temen yang jualan di fb, dan saya banyak beli ke dia...xixixixi, otomatis saat itu itungan2 mulai berjalan, wah...kalo beli 1 harga 55ribu, tapi kalo beli banyak bisa dapet harga 30ribu, itang itung itang itung, lumayan lohh, temenku 1 pcs bisa untung 20 - 35ribu...ck ck ck (meskipun pas jualan beneran, saya sangat jarang ngambil untung sebanyak itu), akhirnya...taraaaa..saya pun berkeinginan buat beli banyak trus dijual lagi. Hunting FB, lirak lirik olshop tetangga di FB...ketemulah nama "Arinda Aigi W"...jualan baju renang muslimah dan earpick serta produk2 lainnya. Liat harga earpick yg cuman 15ribu/pcs, dan saat itu saya hanya punya modal 200ribu:D, akhirnya bunda beranikan message mba …

Rihlah di Taman Wisata Matahari

Kali ini saya menyebut acara wisata ini dengan  nama rihlah. Sebenarnya sama sih artinya, hanya beda-nya kalau rihlah dalam bahasa arab dan wisata dalam bahasa indonesia. Salah satu program liqo kami setiap tahunnya, yang bertujuan untuk tadabbur alam, mempererat ukhuwah dan membangun kebersamaan.
Rihlah ini diadakan hari rabu kemarin, dan saya baru sempat posting hari ini. Tujuan rihlah kami adalah ke taman wisata matahari di Puncak. Kedua kalinya saya mengunjungi tempat wisata taman matahari, setelah 10 tahun yang lalu. Sudah lama juga ya, dan memang terlihat sudah berubah banyak sekali. Mulai dari jalan masuk dan beberapa area yang kekinian.
Biaya masuk 45ribu karena peak sesion (hari libur anak sekolah), kalau hari biasa hanya 35ribu. Menurut saya cukup murah karena dengan 45ribu bisa menikmati terusan 5 wahana dengan gratis. Ada matahari water park (cukup besar dan lengkap dengan mainan perosotan), perahu karet, menara pandang matahari (mulai 1 april diganti perahu naga), funtas…